Bisnis Online Kuliner

Bisnis Online Kuliner Semakin Marak Menggeser Bisnis Offline

Memiliki keahlian dalam memasak apa saja ternyata belum cukup untuk menjamin keberhasilan agar seorang bisa menjadi  pengusaha kuliner yang sukses. Banyak contoh pengusaha bisnis online kuliner akhir-akhir ini.

Meskipun anda memiliki keterampilan memasak hingga level master sekalipun dan bisa memasak berbagai jenis menu makanan lezat tetapi apabila tidak ada ada konsumen yang membelinya itu tidak akan mendapatkan hasil apa-apa bukan?

Selain keahlian dalam memasak terdapat beberapa faktor lain yang perlu dipelajari sebelum akhirnya anda memutuskan untuk menjadi seorang pengusaha kuliner.

Bagi kamu yang yang memiliki rencana ingin membuka bisnis kuliner online, terdapat beberapa strategi penting yang perlu diperhatikan, termasuk tentang bagaimana cara memasarkan produk makanan tersebut ke masyarakat luas

Strategi Pemasaran Bisnis Online Kuliner yang Tepat

  1. Menjaga kualitas rasa

Berbicara mengenai makanan tentu hal terpenting utama yang bisa menjadi alat promosi adalah kualitas rasa yang ditawarkan. Konsistensi dari rasa menjadi kunci utama kesuksesan dalam menjalankan bisnis makanan. Jangan sekali-kali anda sembarangan mengubah bahan-bahan atau bumbu yang digunakan dalam proses pembuatan makanan.

Jika  sedikit saja berbeda, para konsumen bisa saja langsung kabur dan tidak mau berlangganan lagi.

  1. Memancing keramaian dengan membuat event

Sesekali anda juga bisa mengadakan acara yang sedang trend di masa sekarang untuk mengundang rasa penasaran dari para konsumen. Misalnya saja seperti festival band, bazar murah, kompetisi dan serta masih banyak lainnya yang masih menarik.

  1. menyebarkan selebaran iklan atau brosur

Anda juga dapat mencetak brosur dan menyebarkannya di area tertentu seperti sekolah-sekolah rumah tempat-tempat ramai kampus lampu merah dan lainnya. Hal ini ternyata juga dapat mengundang rasa penasaran dari para calon konsumen. Buatlah selebaran dengan desain gambar yang menarik dan sedikit memancing rasa penasaran, jangan lupa mencantumkan contact person dan tempat restoran bisnis anda

  1. Menempelkan stiker di tempat-tempat strategis yang mudah dilihat banyak orang

Buatlah iklan dengan model stiker dengan mencantumkan logo perusahaan makanan serta contact person, alu tempelkan pada tempat-tempat yang ramai dan mudah dilihat orang. Semakin sering iklan tersebut dilihat banyak orang akan semakin banyak pula kemungkinan orang yang mengetahui keberadaan bisnis kuliner anda.

  1. Membuat peta lokasi penjualan kuliner

Terkadang karena lokasi yang kurang strategis  menjadi salah satu kendala bagi anda yang memiliki bisnis kuliner nah untuk mengatasinya saat ini anda bisa menggunakan peta lokasi yang dicantumkan pada kemasan produk. Slain itu daftarkan lokasi bisnis pada google maps agar mudah dilacak oleh konsumen melalui aplikasi google.

  1. Bergabung dengan komunitas bisnis kuliner

Dengan bergabung bersama komunitas para pebisnis kuliner hal ini bisa menjadi salah satu cara yang tepat untuk mempromosikan bisnis kepada masyarakat. Anda juga dapat saling bertukar informasi antar anggota dan tidak menutup kemungkinan untuk menemukan peluang bisnis yang baru

  1. Aktif berpromosi melalui sosial media

Di era digital saat ini media sosial merupakan salah satu tempat promosi terbaik yang menghubungkan banyak penjual online.

  1. Perkenalkan piknik ke dinas terkait

Anda juga dapat mendekatkan diri melalui instansi atau dinas terkait yang relevan. Dengan begitu anda akan menjadi lebih mudah dalam melakukan ajang promosi terbaik dan efektif

  1. Bekerjasama dengan bisnis travel

Teknik marketing ini mulai banyak dilakukan oleh para pemilik bisnis kuliner. Dengan menggandeng para agan-agan travel untuk bekerjasama dalam menyediakan makanan maupun snack akan membuat bisnis anda lebih terkenal

  1. Membuat promo diskon

Anda juga dapat memanjakan konsumen program diskon yang diselenggarakan secara berkala. Misalnya saja dalam memperingati hari ulang tahun atau hari-hari tertentu tidak