entrepreneurship

Pentingnya Keterampilan Entrepreneurship di Lingkungan Sekolah Dasar

Istilah entrepreneurship dalam bahasa Indonesia bisa diartikan sebagai kewirausahaan. Jadi kewirausahaan itu adalah sebuah kemampuan seseorang dalam berperilaku inovatif dan berpikir kreatif yang dijadikan sebagai dasar, tujuan, sumber daya, tenaga penggerak untuk menghadapi berbagai tantangan dalam hidup.

Kalau belajar tentang kewirausahaan tidak hanya belajar mengenai cara menjual, tetapi lebih untuk memberikan pengalaman dan kemampuan langsung kepada para peserta didik untuk merancang dan mengelola usaha secara utuh.

Nilai-nilai yang bisa disampaikan kepada para peserta didik meliputi sebagai berikut :

  1. Nilai-nilai kebudayaan
  2. Nilai -nilai religi
  3. Nilai teknologi
  4. Nilai sains
  5. Nilai keterampilan
  6. Nilai kejujuran dan kedisiplinan

Nantinya nilai-nilai tersebut akan ditransformasikan dalam bentuk pengembangan dan pertahanan serta merubah budaya yang ada pada masyarakat. Disinilah yang dimaksud pendidikan itu akan terus berlangsung pada kehidupan nyata.

Alasan Pentingnya Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan di Sekolah asar

Menumbuhkan jiwa kewirausahaan pada peserta didik itu sangatlah penting. Semua itu harus dimulai sejak masih di sekolah dasar untuk menambah wawasan dan mengetahui gambaran hidup di masa depan. Dimana peserta didik akan tahu bagaimana ketatnya persaingan di dunia bisnis dan dunia kerja.

Tujuan pembelajaran kewirausahaan pada peserta didik adalah untuk membentuk menjadi sosok yang tegas, kreatif, berkarakter, inovatif, dan bertanggung jawab. Setiap peserta didik haruslah memiliki nilai jual yang tinggi dan kemampuan yang mumpuni untuk menghadapi berbagai persaingan yang ketat.

Hal inilah yang membuat pembelajaran entrepreneurship di sekolah dasar itu sangatlah penting. Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai alasan pentingnya pembelajaran entrepreneurship.

  1. Membuka peluang usaha dan menambah lapangan pekerjaan baru

Menanamkan pendidikan entrepreneurship sejak kecil akan menjadikan sosok yang bermental bisnis yang kuat. Sehingga dengan berwirausaha bisa mengurangi pengangguran di Indonesia dengan membuka lapangan pekerjaan baru.

  1. Meningkatkan kesejahteraan hidup

Banyaknya lapangan pekerjaan baru akan bermanfaat untuk generasi muda sehingga efektif untuk mengurangi jumlah pengangguran. Nah, semakin minim jumlah pengangguran kelak kehidupan di Indonesia semakin sejahtera.

  1. Menumbuhkan semangat untuk berwirausaha

Mengajarkan anak-anak untuk berwirausaha akan membuat mereka memiliki pandangan cerah di masa depan. Nah, dengan masa depan yang cerah membuat anak akan semakin semangat untuk mengikuti pembelajaran kewirausahaan.

Selain itu pemikiran anak akan semakin berkembang kreatif dan inovatif sehingga mereka mampu memahami tujuan belajar. Memang masih ada kekurangan dalam ketersediaan sarana dan prasarana untuk menunjang pembelajaran. Namun antusias dan rasa senang anak tetap tumbuh karena pembelajaran bisa dilakukan sambil bermain.

  1. Melatih kedisiplinan

Mengajarkan enterpreneurship pada usia anak-anak akan membuat mereka berlatih disiplin. Dalam mengembangkan usaha salah satu kunci utamanya adalah disiplin agar bisa mendapatkan hasil maksimal.

Itulah mengapa latihan kedisiplinan sangat penting untuk diterapkan dalam pembelajaran kewirausahaan. Anak-anak harus belajar lebih disiplin untuk mengerjakan sesuatu agar bisa membuahkan hasil yang bernilai.

  1. Belajar tanggung jawab

Pembelajaran entrepreneurship selain mengajarkan kedisiplinan juga melatih anak untuk memiliki rasa tanggung jawab dalam mengerjakan dan menjalankan tugas. Tanggung jawab sangat penting dalam menjalankan bisnis. Nah, dengan mengajarkan anak tanggung jawab mereka akan berusaha untuk menyelesaikan tugas secara maksimal.

  1. Memiliki sifat kejujuran

Pada pembelajaran entrepreneurship anak akan diajarkan nilai kejujuran dan langsung berlatih dalam mengerjakan sesuatu. Kunci kesuksesan dalam berwirausaha adalah kejujuran. Nah, dengan kejujuran, kamu akan dipercaya orang untuk menjalin kerjasama dalam mengembangkan usaha.

Demikianlah penjelasan mengenai pentingnya pembelajaran entrepreneurship di sekolah dasar. Anak akan menjadi pribadi yang kuat, berkembang, pantang menyerah, lebih kreatif dan mandiri. Dalam berwirausaha anak akan memiliki rasa penasaran dan suka akan tantangan baru.