kekurangan e wallet

Yuk Ketahui! Kekurangan Dan Kelebihan E-Wallet

Kekurangan dan kelebihan e-wallet – Teknologi akan terus berkembang seiring berjalannya zaman. Para pengembang teknologi terus membuat inovasi baru untuk mempermudah kehidupan masyarakat.

Salah satunya yaitu penyimpanan uang dalam bentuk digital atau disebut dengan E-wallet. Dompet online yang banyak diminati dan mulai banyak digunakan.

Bagi kebanyakan orang pasti sudah familiar dengan hal ini. layanan elektronik yang bertujuan mempermudah dalam bertransaksi.

Jika dahulu Anda menggunakan kartu untuk menyimpan uang dan pembayaran, sekarang cukup dengan aplikasi Anda sudah dapat menyimpan uang dan menggunakannya sebagai alat pembayaran.

Nah, berikut akan kita ulas mengenai kelebihan dan kekurangan dari e-wallet.

Kelebihan dari e-wallet untuk bertransaksi

Ada berbagai jenis e-wallet yang ada di Indonesia. Sebelumnya tentu saja Anda harus mengunduh dan menginstalnya pada smartphone.

Dalam menggunakan e-wallet tentu saja memiliki keuntungan tersendiri. Salah satunya Anda tidak perlu membawa banyak uang cash jika berpergian. Untuk lebih lengkapnya, simak informasinya berikut ini.

Transaksi lebih cepat dan aman

Terdapat perbedaan ketika menggunakan uang cash dengan uang digital ketika bertransaksi. Jika Anda menggunakan uang cash, Anda masih harus repot membawa banyak uang yang mana harus selalu waspada demi keamanan. Berbeda dengan pembayaran menggunakan uang digital.

Anda tidak perlu membawa banyak uang dan hanya perlu top-up dari kartu kredit untuk mengisi dana pada aplikasi.

Kemudian, aktivitas transaksi yang lebih mudah menjadi kelebihan sekaligus kekurangan e-wallet. Anda hanya tinggal membuka aplikasi dan scan barcode maka pembayaran telah selesai.

Ketika Anda ingin memberi uang kepada orang lain, dengan fasilitas transfer Anda sudah dapat mengirim uang melalui virtual account. Sehingga, Anda tidak perlu berada dalam satu tempat dengan orang yang Anda tuju.

Apalagi di zaman pandemi virus COVID 19, disarankan lebih menggunakan uang digital guna mencegah penularan virus.

Terhindar dari uang palsu

Keuntungan kedua penggunaan e-wallet yakni terhindarkan dari uang palsu. Peredaran uang palsu masih kerap terjadi di Indonesia.

Bagi sebagian masyarakat masih banyak yang bingung untuk membedakan uang asli dan palsu. Dengan menggunakan e-wallet resiko terhadap peredaran uang palsu akan berkurang.

Sehingga akan mencegah dari menerima uang palsu dan transaksi menjadi lebih terjamin akan keamanannya.

Baca juga: Cara Agar Pinjol Tidak Sebar Data Pribadi Paling Ampuh

Kekurangan Menggunakan E-Wallet Untuk Transaksi

Tidak hanya memiliki kelebihan, menggunakan e-wallet juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut informasinya untuk Anda.

  • Konsumtif

Penggunaan e-wallet memang sangatlah fleksibel yang mana dapat melakukan transaksi dimanapun dan kapanpun.

Hal inilah yang memicu terjadinya perilaku konsumtif. Apalagi terdapat banyak promo atau diskon pada merchant seperti cashback ataupun potongan harga dengan syarat tertentu.

Tentunya, Anda akan mudah tergiur dengan hal-hal tersebut. Jadi, penggunaan e-wallet juga harus bijak agar tidak menjadi pelaku konsumtif. Sesuaikanlah dengan kebutuhan Anda.

  • Biaya administrasi

Beberapa aplikasi e-wallet masih ada yang menerapkan sistem biaya administrasi. Sehingga, setiap Anda melakukan transaksi akan terkena biaya administrasi.

Meskipun iasanya biayanya kecil hal ini patut menjadi pertimbangan bagi pengguna jika berlaku terus-menerus. Jangan sampai uang Anda habis hanya untuk biaya administrasi, ya.

  • Saldo e-wallet tidak bisa dicairkan

Ada beberapa aplikasi yang mana saldo uang dalam e-wallet tidak bisa diuangkan. Hal ini bertujuan agar pengguna menggunakannya untuk belanja dan bukan untuk menabung.

seiring berkembangnya teknologi, tersedia aplikasi e-wallet yang memfasilitasi pengguna untuk investasi, asuransi, atau yang lain. Jadi, Anda dapat menggunakannya saldo dalam e-wallet Anda untuk membelinya.

Baca juga: Gandeng Investree, Andalin Menawarkan Buyer Financing untuk Klien

Nah, itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dalam menggunakan e-wallet untuk bertransaksi.

Tetunya, Anda harus bijak dalam menggunakan e-wallet serta memilih jenis e-wallet yang ingin Anda gunakan. Pahami terlebih dahulu kekurangan dan kelebihan dari aplikasi e-wallet tersebut.