Cara Mengatasi Transferan Nyasar dari Pinjaman Online, Jangan Panik

Transferan Nyasar – Saat ini para warganet telah kembali diresahkan dengan adanya modus pinjaman fintech ilegal atau abal-abal.

Saat ini modus baru yang sedang dilancarkan adalah dengan langsung mengirimkan sejumlah uang ke rekening nasabah yang menjadi sasarannya. Atau transferan nyasar yang sengaja oleh oknum tertentu.

Nantinya pihak pinjol abal-abal ini akan melakukan penagihan dengan jumlah besar pada nasabah. Padahal nasabah tersebut tidak merasa melakukan pengajuan pinjaman.

Modus baru ini baru terungkap setelah ada salah satu warganet sebagai korban telah menceritakan semua yang dialaminya ke media sosial.

Pemilik akun yang bernama @indiratendi telah mengaku kalau baru-baru ini ia telah mendapatkan kiriman uang transferan dari pinjaman online.

Kemudian ada pihak pinjaman online yang menggunakan pesan WA telah meminta pembayaran tagihan atas transferan tersebut.

Lantas bagaimana, jika kamu mendapatkan transferan sejumlah uang dari pihak pinjol atau pihak tak dikenal?

Atau memang mendapatkan transferan langsung dari pinjaman online? pasti kamu akan kebingungan atas dasar apa mendapatkan kiriman uang dari pinjol.

Baca Juga: BPK Temukan Tiga Reksa Dana Divonis Bubar, Namun Belum Ditutup OJK

Tips Mengatasi Transferan Nyasar dari Pinjaman Online Abal-Abal

Ketua Satgas Waspada Investasi Tongam L Tobing telah memberikan himbauan tegas agar para nasabah harus lebih hati-hati saat menerima transferan sejumlah uang dari pihak yang tidak dikenal.

Jadi kamu tidak perlu panik, karena ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya. Penasaran? silahkan simak penjelasan berikut ini :

  1. Menyimpan dan mengembalikan sesuai nominal transferan

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi transferan nyasar dari pihak yang tidak kamu kenal.

Ketika pihak yang transfer adalah pinjol abal-abal maka simpan saja uang tersebut karena kamu tidak merasa melakukan pengajuan pinjaman.

Nanti ketika ada pihak pinjol yang datang dan melakukan penagihan atas uang tersebut kamu bisa langsung mengembalikan sesuai nominal yang di transfer.

Kalau mereka meminta tagihan lebih besar dari yang ditransfer kamu bisa lakukan laporan pada pihak yang berwajib.

  1. Blokir kontak pihak peneror

Kalau pihak pinjol melakukan teror, pelecehan, dan intimidasi kamu tidak perlu bingung, langsung saja lakukan pemblokiran kontak pihak peneror tersebut.

Kemudian jangan lupa langsung memberikan informasi terkait hal tersebut pada seluruh kontak yang ada di ponselmu.

Pastikan kamu mengirimkan pesan untuk mengabaikan semua hal terkait pinjol tersebut. Hal ini bertujuan agar tidak ada pihak lain yang ikut dirugikan akan kejadian tersebut.

  1. Melaporkan ke pihak polisi

Ketika kondisinya semakin kurang nyaman dan mengkhawatirkan setelah mendapat transferan nyasar, kamu bisa segera melaporkan kejadian tersebut pada pihak berwajib.

Hal ini bertujuan agar pihak peneror tidak semakin parah dan mengakibatkan banyak korban mengalami kerugian.

Silahkan melampirkan nomor hp pihak penagih yang masih muncul agar polisi bisa melacaknya.

Pemilik akun yang bernama @indiratendi sebenarnya telah mencari informasi terkait transferan dana yang berasal dari pihak pinjol abal-abal.

Indri merasa cemas karena khawatir pihak pinjol akan melakukan penagihan. Padahal pada kenyataannya Indri tidak melakukan pengajuan pinjaman online.

Sampai akhirnya Indri mendapatkan kejelasan bahwa yang mentransfer sejumlah uang ke rekeningnya adalah perusahaan transfer dana.

Jadi sepertinya bukan dari pinjol abal-abal melainkan donasi dari luar negeri. Bisa jadi ada orang salah kirim nyasar ke rekening indri.

Intinya kini Indro sudah bernafas lega atas kejelasan tersebut karena transferan nyasar tersebut bukan dari pinjaman online abal-abal.

Terlepas dari itu semua, kamu harus lebih hati-hati kalau mendapatkan transferan uang dari pihak yang tidak kamu kenal. Khawatirnya oknum pinjol yang sedang beraksi mencari mangsa.

Baca Juga: Kolaborasi dengan Cermati.com, Adira Insurance Meluncurkan Asuransi Mobil Syariah

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa tips atasi transferan masuk dari pinjaman online abal-abal atau transferan nyasar.

Hal ini bertujuan agar kamu tidak terjebak dalam permainan oknum pinjol ilegal. Semoga informasi ini bermanfaat dan menambah wawasan akan pinjaman online.