broker saham terbaik 2022

7 Broker Saham Terbaik di Indonesia 2022

Harmoney.id – Broker saham terbaik adalah perusahaan yang telah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan sudah memiliki perizinan untuk melakukan kegiatan trading (jual beli saham) pada BEI (Bursa Efek Indonesia).

Apa itu BEI? BEI merupakan sarana yang telah diakui secara resmi oleh pemerintah Indonesia dalam hal perizinan pelaksanaan kegiatan saham di Indonesia.

Anda harus melakukan kegiatan jual beli saham melalui broker saham atau juga dikenal sebagai perusahaan sekuritas atau pialang saham.

Terdapat beberapa poin penting tentang broker saham yang diatur dalam UU Pasar Modal tahun 1992, yaitu:

  • Sekuritas merupakan perantara pedagang efek, saham adalah salah satu jenis efek.
  • Sekuritas diwajibkan memiliki izin usaha dari OJK. Tidak sembarang lembaga dapat menjadi sekuritas untuk dapat bertransaksi di Bursa Efek.
  • Untuk dapat melakukan perdagangan saham sekuritas wajib menjadi anggota Bursa Efek agar dapat menggunakan sistem dan sarana di bursa.
  • Untuk melakukan kegiatan jual beli saham, aspek penting yang harus diperhatikan adalah memilih broker saham terbaik adalah kunci. Namun, jika Anda masih bingung walaupun telah mencari informasi yang bertebaran di internet.

Mungkin Anda dapat menyimak rekomendasi broker saham terbaik dari kami. Berikut 7 rekomendasi broker saham terbaik yang dapat Anda pertimbangkan untuk melakukan investasi saham.

Indo Premier Sekuritas

Perusahaan Ini termasuk salah satu broker saham terbaik di Indonesia. Modal awal yang sangat terjangkau dan ringan di kantong membuat perusahaan ini menjadi pilihan banyak orang. Di Indo Premier dengan modal Rp 100.000 saja Anda dapat membuka akun dan terjun ke pasar saham.

Kinerja yang sudah tidak perlu diragukan lagi terbukti di berbagai sektor mulai dari pertanian hingga infrastruktur. Selain itu, perusahaan ini memiliki layanan yang tersedia dalam bentuk konvensional maupun syariah yang dapat diakses melalui smartphone dan desktop.

Indo Premier Sekuritas tidak mengenakan biaya pemeliharaan akun maupun minimal transfer untuk deposit selanjutnya. Sebesar 0,29% fee trading yang dikenakan untuk penjualan saham per transaksi dan biaya pembelian sahamnya 0,19% per transaksi.

Mirae Asset Sekuritas

Berikutnya ada Mirae Asset Sekuritas yang dikenal sebagai broker saham terbaik di Indonesia. Keunggulan lainnya adalah memiliki laying customer service 24 jam dan selalu siap untuk membantu para investor yang mengalami kendala.

Terdapat beberapa pilihan akun untuk calon investor yaitu margin, syariah, day trading, regular, dan regular. Setoran awal yang harus dibayarkan untuk membuka akun berkisar Rp 10 juta hingga Rp 200 juta sesuai dengan akun yang Anda pilih.

Di Mirae biaya pemeliharaan akun dan minimal transfer deposit berikutnya juga tidak dikenakan. Biaya jual saham di Mirae sebesar 0,25% dan untuk biaya beli sahamnya sebesar 0,15% per transaksi.

BNI Sekuritas

Berikutnya ada BNI Sekuritas yang merupakan anak perusahaan dari Bank BNI. BNI Sekuritas menyediakan dua pilihan akun yaitu konvensional dan syariah dengan ketentuan yang pastinya berbeda. Bagi investor yang membuka akun syariah juga akan mendapatkan akun konvensional, hal ini tidak berlaku sebaliknya bagi investor yang membuka akun konvensional.

Setoran awal yang harus dibayarkan sebesar Rp 1 juta untuk membuka akun konvensional dan syariah. Untuk membuka akun margin yang lebih besar dikenakan Rp 200 juta. Biaya pemeliharaan juga tidak dipungut di perusahaan ini.

Biaya penjualan saham di BNI Sekuritas sebesar 0,25% dan untuk biaya pembelian saham sebesar 0,15% per transaksinya.

Mandiri Sekuritas Terbaik

Perusahaan ini merupakan anak perusahaan dari Bank Mandiri. Mandiri Sekuritas banyak dipilih karena berbagai kelebihannya, salah satunya adalah memberikan penawaran khusus bagi mahasiswa yang ingin berinvestasi cukup dengan melakukan setoran awal Rp 2 juta untuk mendapatkan akun regular.

Untuk masyarakat umum, pembukaan akun akan dikenakan Rp 5 juta hingga Rp 25 juta tergantung dengan pilihannya. Fee trading yang dikenakan sebesar 0,28% per hari ditambah dengan Rp 5000 per hari. Sedangkan biaya pembelian saham sebesar 0,18 % per transaksi dan ditambah Rp 5000 per hari.

NH Korindo Sekuritas Indonesia

NH Korindo Sekuritas merupakan salah satu broker saham terbaik di pasar modal Indonesia. Daya tarik yang diberikan perusahaan ini adalah sistem member get member nya, Anda akan mendapatkan komisi 1% dari deposit awal setiap Anda mendapatkan nasabah baru.

Fitur layanan yang tersedia di perusahaan ini juga cukup menarik dan bersaing dengan lembaga serupa lainnya. Terdapat dua tipe akun yang dapat dipilih oleh nasabah NH Sekuritas Indonesia yatu regular dan day trading.

Setoran awalnya pun terbilang sangat terjangkau bagi masyarakat awam sebesar Rp 5 juta saja. Fee penjualan saham dikenakan biaya sebesar 0,28% dan untuk pembelian akun dikenakan 0,18% per transaksi.

Henan Putihrai Sekuritas Terbaik

Perusahaan sekuritas ini menyediakan aplikasi online trading saham yang dapat diakses baik android maupun iOS sehingga mempermudah investor. Henan Putihrai Sekuritas memiliki kelebihan lain yaitu biaya pembukaan awal yang terjangkau dengan performa yang meyakinkan selama hampir 30 tahun eksistensinya.

Terdapat dua tipe akun di Henan Putihrai Sekuritas yaitu syariah dan regular. setoran awal untuk membuka akun regular disyaratkan sebesar Rp 10 juta. Sedangkan untuk membuka akun syariah biaya yang dikenakan lebih terjangkau yaitu cukup dengan Rp 500.000 saja.

Fee trading untuk penjualan saham sebesar 0,28% dan untuk pembelian saham fee yang dikenakan sebesar 0,18% per transaksi. Selain itu, terdapat pula biaya real-time maker info sebesar Rp 33.000 yang ditarik setiap bulannya.

Samuel Sekuritas

Rekomendasi ketujuh sekaligus terakhir dari kami adalah Samuel Sekuritas. Banyak orang yang mempercayakan investasinya di Samuel Sekuritas karena performa dan kinerja yang positif di bursa efek.

Samuel Sekuritas menyediakan dua tipe akun untuk nasabahnya yaitu online dan reguler. Setoran awal yang harus diberikan untuk membuka akun online sangat ramah di kantong yaitu sebesar Rp 1 juta. Sedangkan untuk membuka akun regular, setoran awal yang harus diberikan lebih besar yaitu Rp 10 juta.

Samuel Sekuritas mengenakan biaya sebesar Rp 16500 untuk info real-time market yang diterima. Fee trading yang dikenakan untuk menjual saham di Samuel Sekuritas yaitu sebesar 0,25% dan fee trading untuk pembelian saham dikenakan sebesar 0,15% per transaksi.

Diantara tujuh rekomendasi broker saham dari kami mana yang paling pas buat Anda? Selalu pastikan perusahaan sekuritas yang Anda pilih sudah terdaftar di OJK dan yang sudah mendapat izin dari BEI.

Hal ini dilakukan agar menghindari dari terjadinya investasi bodong yang marak terjadi karena kurangnya tingkat literasi keuangan masyarakat yang sampai saat ini belum memadai. Jadi pintar-pintar lah menentukan broker saham terbaik untuk Anda.