15 Pinjaman Uang yang Bisa Dicicil Bulanan, Rekomendasi Pinjol Tenor Panjang

Pinjol identik dengan limit kecil dengan tenor pendek mulai 7 hari, 14 hari, 23 hari hingga 30 hari. Namun seiring perkembangannya pinjaman uang yang bisa dicicil secara bulanan sekarang sudah banyak tersedia.

Meskipun angsuran bulanan yang tersedia tidak seperti panjang tenor pinjaman bank, kredit online dengan cicilan lebih masuk akal ketimbang pembayaran sekali lunas. Siapapun pasti pernah mengalami kondisi darurat yang memaksanya mencari pinjaman baik melalui perbankan maupun lembaga keuangan non bank.

Jika dulu pinjam meminjam identik dengan proses panjang dan syarat ribet, hadirnya Technology Financial menyederhanakan hal tersebut. Lewat layanan fintech dan digital banking kini pengajuan pinjaman uang secara online, tanpa tatap muka, bahkan bisa tanpa jaminan dan syarat mudah.

Karena tidak membutuhkan agunan, pinjol kemudian lebih terkenal sebagai pinjaman online mudah dan cepat. Meski demikian tidak serta merta hanya KTP saja yang jadi persyaratan, melainkan data pribadi dan dokumen pendukung lain seperti NPWP, akun sosmed, dan Slip gaji.

Kendati layanan pinjol saat ini sudah marak, bukan berarti kita boleh asal pilih tawaran yang ada. Sebab di tengah meningkatnya Fintech Lending semakin banyak pula pinjaman online ilegal yang banyak menimbulkan kerugian.

Inilah kenapa patokan utama saat memilih layanan pinjaman online kita harus pastikan perusahaan tersebut resmi dan dalam pengawasan OJK. Jangan sampai tergiur rayuan pinjol abal-abal yang menjanjikan proses pencairan cepat, tanpa slip gaji maupun tanpa NPWP.

Karena apa? Karena bisa saja tawaran pinjaman online tersebut ilegal dan mengenakan bunga tinggi serta proses penagihan bak rentenir.

Penyedia Pinjaman Online Paling Populer di Indonesia

Sebelum lebih jauh membahas daftar pinjaman uang yang bisa dicicil bulanan ada baiknya terlebih dulu kita pahami perusahaan apa saja sih yang menyediakan layanan kredit online?

Berikut tiga penyelenggara pinjaman online yang paling populer saat ini:

A. Fintech P2P Lending (Penyelenggara Pinjam Meminjam Online)

Salah satu penyedia layanan pinjaman online ialah Fintech Peer to Peer Lending atau P2P Lending. P2P Lending berperan sebagai wadah antara lender dengan borrower dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan serta mendapatkan pinjaman dana tunai.

Dalam POJK No.77/POJK.01/2016, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendefinisikan Fintech Lending sebagai layanan pinjam meminjam uang dalam mata uang rupiah secara langsung antara kreditur/lender (pemberi pinjaman) dan debitur/borrower (penerima pinjaman) berbasis teknologi informasi. Fintech lending juga disebut sebagai Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi (LPMUBTI).”
Ojk.go.id

Terkadang masyarakat sulit membedakan antara satu layanan dengan layanan lain yang sama-sama menawarkan pinjaman online. Kebanyakan pengguna menganggap bahwa pinjol merupakan layanan Fintech P2P Lending saja.

Wajar saja sih, pasalnya jumlah fintech lending di bawah pengawasan OJK saat ini sudah lebih dari seratus perusahaan. Regulasi Fintech P2P Lending tercantum dalam POJK POJK 77/2016. Contoh Fintech P2P Lending: Uangme, Adakami, Maucash, Julo, dll.

B. Perusahaan Pembiayaan

Menurut Otoritas Jasa Keuangan, Multifinance atau perusahaan Pembiayaan adalah badan usaha yang melakukan kegiatan pembiayaan untuk pengadaan barang dan/atau jasa.

Perusahaan pembiayaan konsumen menjadi salah satu penyedia layanan pinjaman online cukup populer saat ini. Kebanyakan dari perusahaan ini menyediakan akses pinjaman tunai, paylater, hingga pinjaman modal kerja.

Regulasi perusahaan multifinance sendiri tercantum dalam POJK NOMOR 29/POJK.05/2014 Tentang Penyelenggaraan Usaha Perusahaan Pembiayaan. Contoh perusahaan pembiayaan yang menawarkan pinjaman online: Akulaku,Kredivo, Home Credit, dll.

C. Digital Banking (Produk Perbankan)

Digital Banking adalah pengembangan layanan perbankan elektronik dengan tujuan mempercepat dan mempermudah nasabah mengakses produk perbankan.

Selain sebagai sarana transaksi non tunai Digital Banking saat ini juga memuat fitur pengajuan pinjaman secara online. Di sisi lain, ada pula perbankan yang mengeluarkan produk digital khusus untuk sarana pengajuan dan penyaluran pinjaman.

Regulasi Digital Banking diatur dalam POJOK Nomor 12 /POJK.03/2018 Tentang Penyelenggaraan Layanan Perbankan Digital Oleh Bank Umum.

Contoh Digital Banking dan produk perbankan sebagai sarana pengajuan pinjaman online diantaranya ialah Jenius BTPN, Tunaiku Amar Bank, Digibank by DBS, Ceria BRI, Pinjam Tenang BRI Agro, dll.

ini pinjaman uang yang bisa dicicil secara bulanan

Daftar Pinjaman Uang yang Bisa Dicicil Bulanan

Pinjaman uang yang bisa dicicil bulanan sekarang bisa kita temukan secara mudah, bahkan ada juga pinjol resmi yang melayani cicilan hingga 12 bulan. Skema pengembalian bulanan menguntungkan pengguna karena lebih leluasa memilih tenor dan limit pinjaman sesuai kebutuhan.

Dengan demikian gaji yang kita terima setidaknya gak hanya lewat saja dan musnah buat membayar utang. Pinjaman uang angsuran bulanan adalah pembiayaan online dengan jangka waktu pembayaran mulai 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, bahkan 24 bulan.

Kredit online tenor panjang memberikan kita kesempatan untuk memilih nominal pinjaman lebih besar dengan jumlah kewajiban bayar terukur. Setidaknya tidak lebih 30% dari jumlah penghasilan bulanan kita.

Berikut pinjaman uang yang bisa dicicil bulanan bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dana hingga kemampuan bayar angsuran, di antaranya yaitu:

1. Maucash

Maucash menawarkan pembiayaan tunai yang bisa dicicil bulanan dengan pengajuan online. Cukup 5 menit saja, kamu bisa dapatkan pinjaman uang 10 juta rupiah dari pinjol resmi OJK yang satu ini.

Ada tiga produk pembiayaan Maucash yakni pinjaman maucepat, mauringan, dan maupaylater. Ketiga layanan tersebut memiliki limit, tenor, dan metode pembayaran masing-masing.

Dengan adanya tiga pilihan tentunya pengguna Maucash lebih gampang memilih jenis pinjaman sesuai kebutuhan.

Maucepat merupakan pinjaman dana tunai dengan skema pembayaran sekali lunas dengan limit 500.000 rupiah – 3.500.000 rupiah. Sedangkan tenor Maucepat bisa kamu ajukan hingga 40 hari.

Mauringan merupakan pinjaman uang yang bisa dicicil dengan jangka waktu hingga satu tahun. Produk ini tersedia dengan limit 2.500.000 rupiah – 10.000.000 rupiah.

Sedangkan jangka waktu kredit bisa kamu cicil sampai 12 bulan. Pinjaman online ini tepat kamu pilih ketika mencari pinjol limit besar dengan tenor panjang cicilan 12 bulan.

Syarat pinjam Maucash cukup KTP elektronik dan menyertakan bukti gaji bagi karyawan/ pekerja atau rekening bank 2 bulan terakhir bagi wiraswasta.

Produk Maucash:

  • Platform: Maucash.
  • Penyelenggara: PT Astra Welab Digital Arta.
  • Status: Fintech Lending Legal Berizin OJK.
  • Jenis pinjaman: Pinjaman tunai dan paylater.
  • Limit pinjaman dana tunai: Rp 500 ribu – Rp 10 juta.
  • Limit pinjaman paylater: Rp 500 ribu – Rp 12,5 juta.
  • Tenor pinjaman tunai: 40 hari dan dengan cicilan hingga 12 bulan.
  • Tenor pinjaman paylater: 40 hari dan dengan cicilan maksimal 12 bulan.
  • Estimasi pencairan dana: 5 menit setelah persetujuan kredit.

2. Pinjaman Cairin

Butuh pinjaman uang yang bisa dicicil? Tenang, ada aplikasi pinjaman Cairin yang mudah dengan cicilan 12 bulan. Limit Cairin juga cukup besar sampai 5 juta rupiah tiap pengguna.

Aplikasi Cairin merupakan platform pinjol keluaran PT. Idana Solusi Sejahtera dengan layanan utama pembiayaan konsumen.

Dalam pengumuman resmi, PT. Idana Solusi Sejahtera atau Cairin telah memperoleh izin OJK dengan nomor surat tanda berizin KEP-29/D.05/2021.

Selain cashloan, pinjaman uang yang bisa dicicil bulanan menjadi salah satu keunggulan layanan Cairin.

Hadirnya cicilan online Cairin memberikan kemudahan bagi pengguna dalam menentukan jumlah serta panjang tenor pinjaman sesuai kebutuhan.

Syarat pinjam uang Cairin antara lain WNI, usia di atas 18 tahun, serta memiliki nomor HP dan rekening bank lokal.

Sedangkan metode pengajuannya, pinjaman Cairin melalui aplikasi yang bisa kamu install lewat playstore.

Tips agar pengajuan kamu di ACC jangan lupa lengkapi informasi pribadi dengan valid serta unggah foto dokumen yang terbaca jelas.

Satu lagi pada saat pemindaian wajah sebaiknya kamu lakukan di tempat yang terang agar autentikasi berjalan lancar.

Fitur pinjaman Cairin:

  • Platform: Cairin.
  • Penyelenggara: PT. Idana Solusi Sejahtera.
  • Status: Fintech Legal Berizin OJK.
  • Jenis pinjaman: Cash loan dan cicilan.
  • Limit pinjaman: Rp 500 ribu – Rp 5 juta.
  • Tenor cicilan: 91 hari – 365 hari.
  • Estimasi pencairan dana: 1-2 hari kerja.

3. Tunaiku Amar Bank

Pinjaman uang yang bisa dicicil berikutnya dengan tenor panjang sampai 20 bulan adalah Tunaiku. Limit kredit tanpa agunan dari Amar Bank Indonesia ini juga besar mencapai Rp 20.000.000.

Karena merupakan fasilitas pembiayaan dari perbankan dan di bawah pengawawasan OJK, tentunya legalitas dan keamanannya tidak perlu diragukan lagi.

Pinjam uang di Tunaiku bisa kamu ajukan dengan limit 2 juta rupiah hingga 20 juta rupiah tanpa jaminan.

Menariknya pengajuan tidak hanya lewat aplikasi saja, tapi juga bisa lewat website resmi. Sangat tepat buat kamu yang lagi cari pinjaman online via website.

Kebutuhan konsumtif apapun bisa kamu penuhi dengan KTA proses cepat yang satu ini, misalnya saja biaya pendidikan, biaya wisata, hingga biaya renovasi rumah.

Layanan Tunaiku Praktis dan efisien karena pengajuan tidak perlu bertatap muka. Asalkan memiliki akses internet kamu bisa mengajukan pinjaman tanpa jaminan dari manapun dan kapan pun selama 24 jam.

Tunaiku menawarkan pinjaman uang yang bisa dicicil 6 bulan, 12 bulan, sampai angsuran 20 bulan. Berbekal aplikasi kredit, dana pinjaman tanpa jaminan segera masuk ke rekening pribadi dalam 24 jam. Tentunya setelah pengajuan kamu di ACC.

Fitur Layanan Tunaiku:

  • Platform: Tunaiku.
  • Penyelenggara: PT. Bank Amar Indonesia.
  • Status: Produk perbankan legal di bawah pengawasan OJK.
  • Jenis pinjaman: Kredit Tanpa Agunan.
  • Limit pinjaman: Rp 2 juta – Rp 20 juta.
  • Tenor cicilan: 6, 12, hingga 20 bulan.
  • Estimasi pencairan dana: 24 jam.

4. Uangme

Berikutnya pinjaman uang yang bisa dicicil secara bulanan juga bisa kamu dapatkan dengan bunga rendah melalui aplikasi online Uangme.

Modal KTP dan data pribadi, proses pengajuan pinjaman online Uangme hanya butuh waktu 5 menit saja. Uangme merupakan platform fintech peer to peer lending dengan pertumbuhan pengguna cukup pesat.

Mengingat konsumen yang terus tumbuh Uangme kini juga melayani paylater dengan pilihan pembayaran fleksibel.

Pinjaman online tenor panjang Uangme bisa kamu pilih dengan pembayaran NET 30 hari serta cicilan 3 bulan dan 6 bulan.

Dengan mengandalkan teknologi artificial intelligence dan big data, proses persetujuan kredit hanya butuh 1 menit saja.

Pinjaman uang yang bisa dicicil ini banyak disebut sebagai pinjol cepat dengan metode pembayaran angsuran bulanan.

Syarat daftar Uangme sangat mudah cukup berstatus sebagai WNI dengan usia di atas 18 tahun dan memiliki KTP serta rekening bank.

Uangme menawarkan pinjaman uang yang bisa dicicil dengan proses pengajuan mudah. Cara mengajukan pinjaman Uangme bisa kamu lakukan dengan Install aplikasi dan lakukan registrasi. Kemudian melengkapi profile serta data pribadi.

Setelah itu kamu tinggal pilih jenis, jumlah dan tenor pinjaman. Lanjutkan dengan melengkapi formulir pengajuan dengan valid.

Lalu Unggah foto KTP dan dokumen lain sesuai ketentuan. Tunggu notifikasi persetujuan pinjaman dan Lakukan pencairan dana.

Fitur pinjaman Uangme:

  • Platform: Uangme.
  • Penyelenggara: PT Uangme Fintek Indonesia.
  • Status: Fintech Legal Berizin OJK.
  • Jenis pinjaman: pinjaman tunai dan paylater.
  • Limit pinjaman: Rp 500 ribu – Rp 5 juta.
  • Tenor cicilan: 30 hari, 3 bulan, dan 6 bulan.
  • Estimasi pencairan dana: 5 menit.

5. KlikACC

KlikACC adalah platform pinjam meminjam online oleh PT Aman Cermat Cepat dengan mengusung konsep peer to peer.

Sebagai platfomr P2P Lending, KlikACC menjadi wadah bagi pendana dan pencari pinjaman khususnya kalangan UMKM.

Tujuan utama KlikACC yakni ingin membatu UMKM di Indonesia untuk dapat berkembang. Dari tujuan tersebut sudah bisa kita ketahui jika pinjaman KlikACC lebih untuk kebutuhan produktif atau modal kerja.

Kredit online cepat tanpa agunan juga bisa kamu ajukan melalui Fintech KlikACC secara mudah dan pasti aman.

Kamu bisa dapatkan pinjaman uang yang bisa dicicil 3, 6, dan 12 bulan dengan limit mulai 4.000.000 rupiah hingga 100.000.000 rupiah.

Bunga pinjaman KlikACC mulai 1% flat per bulan. Cukup rendah mengingat metode peer to peer lending membutuhkan waktu cukup lama dari mulai persetujuan awal hingga penggalangan dana dari investor.

Pengajuan pinjaman KlikAcc setidaknya membutuhkan waktu sekitar tujuh hari dengan prosedur mengisi formulir permohonan, proses persetujuan awal, hingga persetujuan oleh surveyor.

Bila pengajuan pinjaman memperoleh ACC usaha kamu bakal masuk dalam list investasi yang direkomendasikan kepada investor untuk didanai sesuai kebutuhan pinjaman.

Mengingat pinjaman uang yang bisa dicicil ini khusus buat UMKM. Syarat utama calon peminjam yakni memiliki usaha yang sudah berjalan dan memenuhi kriteria penerima pembiayaan.

Fitur pinjaman KlikACC:

  • Platform: KlikACC.
  • Penyelenggara: PT Aman Cermat Cepat.
  • Status: Fintech Legal Berizin OJK.
  • Jenis pinjaman: pinjaman produktif.
  • Limit pinjaman tanpa jaminan: Rp 4 juta – Rp 100 juta.
  • Tenor cicilan: 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan.
  • Bunga: mulai 1% flat per bulan.

6. Digibank KTA

Digibank adalah pionir digital banking di Indonesia yang diselenggarakan oleh PT Bank DBS Indonesia.

Seperti namanya, Digibank mengemas layanan perbankan dalam bentuk digital sehingga memungkinkan nasabah melakukan transaksi keuangan secara mudah.

Selain tabungan, investasi, dan kartu kredit, Digibank juga menawarkan tiga jenis pinjaman. Yakni Digibank KTA, Digibank Cashline, dan DBS KTA.

Digibank KTA online termasuk pinjaman uang yang bisa dicicil dengan limit hingga Rp 80 juta dan persetujuan dalam satu menit.

Pinjaman tanpa jaminan inilah yang bisa kamu manfaatkan sebagai sarana mendapatkan dana tambahan secara online. Pengajuan pinjol yang satu ini sangat mudah dan cepat. Kamu cukup apply pinjaman melalui website resmi Bank DBS Indonesia.

Selanjutnya lengkapi formulir yang ada kemudian tunggu proses approval dalam 1 menit. Selanjutnya proses verifikasi biometrik perlu kamu lakukan melalui tatap muka dengan agen Digibank.

Setelah verifikasi selesai dan pengajuan disetujui, dana pinjaman akan dicairkan ke akun Digibank kamu. Syarat pinjaman uang yang bisa dicicil ini antara lain WNI dengan usia 21 – 55 tahun, berpenghasilan minimal 10 juta rupiah per bulan, dan memiliki kartu kredit dengan limit 15 juta rupiah.

Layanan Digibank KTA:

  • Kredit Tanpa Agunan limit hingga Rp 80 juta.
  • Pengajuan online 24 jam tanpa syarat dokumen fisik.
  • Pilihan tenor fleksibel bisa dicicil hingga 36 bulan.
  • Suku bunga rendah mulai 0,93% flat per bulan.
  • Biaya administrasi Rp 200 ribu – Rp 399 ribu.
  • Iuran tahunan pertama 1,75% dari jumlah kredit.
  • Biaya tahunan ke-2 dan seterusnya Rp 65 ribu.

7. Flexi Cash

Rekomendasi layanan dana cepat pinjaman uang yang bisa dicicil bulanan terpercaya berikutnya ada Flexi Cash Jenius.

Layanan ini merupakan salah satu fitur dana siaga Digital Banking Jenius yang diselenggarakan oleh Bank BTPN.

Dengan mengusung konsep dana siaga, pinjaman Flexi Cash sangat membatu nasabah Jenius saat butuh dana tambahan di saat genting.

Menariknya dana BTNP hanya mengenakan bunga pinjaman pada dana yang kamu cairkan.

Misalnya kamu pemilik akun Jenius yang telah mengaktifkan fitur Flexi Cash dengan limit 20.000.000 rupiah.

Dana tersebut bisa kapan saja kamu cairkan baik sebagian maupun seluruhnya. Nah jika pencairan kamu misalnya 2.000.000 rupiah maka bunganya Cuma dari jumlah yang kamu tarik tersebut.

Syarat biar bisa memanfaatkan pinjaman Flexi Cash antara lain WNI dengan rentang usia 21-50 tahun dan memiliki KTP.

Namun sayangnya tidak semua pengguna Jenius menerima tawarkan fitur pinjol mudah ini.

Hanya nasabah yang memenuhi kriteria saja yang bisa mengaktifkan flexi cash. Cara aktivasi Flexicach sangat mudah bagi nasabah yang menerima tawaran.

Caranya pilih menu Flexi Cash di beranda aplikasi Jenius. Kemudian lengkapi data yang diminta mulai dari informasi diri, pekerjaan dan penghasilan, hingga kontak darurat lalu pilih tombol lanjutkan.

Setelah itu kamu tinggal menunggu proses verifikasi data. Bila aktivasi Flexi Cash disetujui kamu bakal menerima pinjaman uang yang bisa dicicil dan menggunakannya kapan saja.

Fitur Flexi Cash:

  • Pinjaman dana siaga hingga Rp 50 juta.
  • Minimal penarikan Rp 500 ribu.
  • Cicilan maksimal 36 bulan.
  • Tanpa biaya administrasi.
  • Bunga pinjaman kompetitif.

8. PINANG

Jika 7 platform pinjaman uang yang bisa dicicil secara bulanan di atas belum menarik buatmu, kini ada Pinjam Tenang (PINANG) dari bank BRI Agro.

Pinang merupakan aplikasi pinjol yang menawarkan pinjaman bunga rendah dan segera masuk ke rekening BRI maupun rekening BRI Agro.

Proses pengajuan Pinjam Tenang sangat mudah bahkan kamu tidak perlu mendatangi bank. Cukup install aplikasi pinjol Pinang kamu bisa ajukan pinjaman tunai cepat dengan limit 500.000 rupiah – 20.000.000 rupiah.

Layanan dari perbankan ini memang memiliki keunggulan karena tidak mengenakan biaya administrasi.

Selain itu pengajuan pinjol yang satu ini sangat cepat, hanya dalam 15 menit pendaftaran dan segera terima dana.

Di sisi lain pembiayaan limit besar ini tepat buat kamu yang selama ini susah mencari pinjaman uang yang bisa dicicil khususnya dari fintech non bank.

Pasalnya BRI Agro menawarkan jangka waktu cicilan pinjaman mulai 1 sampai 12 bulan.

Syarat pinjam uang lewat aplikasi Pinang antara lain WNI dengan usia 21-54 tahun. Memiliki pekerjaan dan penghasilan, atau wiraswasta pemilik usaha.

Sedangkan sebagai sarana pendaftaran kamu butuh nomor ponsel, smartphone android, dan memiliki jaringan internet.

Fitur Pinjam Tenang:

  • Limit pinjaman uang Rp 500 ribu – Rp 20 juta.
  • Jangka waktu cicilan 1 hingga 12 bulan.
  • Suku bunga rendah 1,24% flat per bulan.
  • Pendaftaran hingga pencairan dana hanya butuh waktu 15 menit.
  • Tidak ada biaya administrasi.
  • Proses sepenuhnya online melalui aplikasi Pinang.

9. BRI Ceria

Siapa sih yang nggak kenal BRI? Bank Rakyat Indonesia sebagai perbankan dengan kinerja terbaik di Indonesia sudah tentu banyak digunakan oleh masyarakat seluruh nusantara.

Bukan hanya unit pembantu saja, perbankan plat merah ini juga punya armada teras BRI kapal untuk menjangkau masyarakat pesisir.

Bukan hal wajar jika di tengah gempuran pinjol dan paylater BRI tidak turut serta bermain di dalamnya.

Terbukti melalui aplikasi CERIA, BRI kini menyediakan layanan pinjaman online dengan skema beli sekarang bayar nanti (paylater).

Pinjaman uang yang bisa dicicil ini tersedia dalam bentuk cicilan dengan limit kredit mulai 500.000 rupiah hingga 20.000.000 rupiah.

Tenor paling panjang yang bisa kamu ambil yakni 12 bulan. Kamu bisa memanfaatkan limit kredit untuk berbelanja di merchant, travel site, maupun e-commerce yang memiliki kerjasama dengan CERIA.

Butuh pinjaman online bunga rendah untuk belanja online? Ceria adalah jawaban tepat karena menawarkan pinjaman dengan bunga 1,42% flat per bulan.

Meski sama-sama mudah, suku bunga pinjaman Ceria jauh lebih rendah dari pinjol yang biasanya mematok 0,4% per hari.

Syarat pinjaman Ceria antara lain WNI dengan usia 21-50 tahun, memiliki e-KTP, dan punya rekening tabungan BRI.

Hanya dalam hitungan menit, proses pengajuan pinjaman BRI online yang satu ini bisa kamu lakukan secara gampang.

Fitur Ceria BRI:

  • Jenis pinjaman: Untuk belanja online (paylater).
  • Limit kredit: Rp 500 ribu – Rp 20 juta.
  • Durasi pinjaman: 1 bulan – 12 bulan.
  • Suku bunga: 1,42% flat per bulan.
  • Estimasi pengajuan: 10 menit.

10. JULO Cicil

Julo merupakan platform kredit digital atau fintech lending dari PT Julo Teknologi Finansial yang telah mengantongi surat tanda berizin OJK.

Peran utama Julo tidak lain ialah merevolusi akses produk keuangan melalui teknologi informasi. Lebih jauh lagi Julo mengandalkan alternative data, hingga Artifisial intelijen sebagai teknologi andalan.

Salah satu produk pembiayaan yang tersedia dalam platform ini adalah Julo Cicil. Julo Cicil jadi alternatif pinjaman online dengan cicilan panjang dan bunga rendah.

Layanan ini juga memungkinkan pengguna mendapatkan pinjaman uang yang bisa dicicil hingga 8 bulan.

Ada tiga syarat utama untuk pinjam uang di Julo yakni WNI dengan batasan usia 21-59 tahun, serta memiliki smartphone dan nomor HP aktif.

Sedangkan dalam proses pengajuan pinjaman online tanpa jaminan ini hanya butuh KTP, slip gaji, dan foto selfie memegang KTP.

Fitur Julo:

  • Platform: Julo
  • Penyelenggara: PT Julo Teknologi Finansial
  • Status: Fintech legal berizin OJK.
  • Jenis pinjaman: Sekali bayar, Cicilan, dan Paylater.
  • Limit pinjaman: Rp 500 ribu – Rp 8 juta.
  • Bunga: 6% – 10% per bulan.
  • Tenor cicilan: 3-8 bulan.
  • Estimasi pencairan dana: 1-2 hari kerja.
  • Biaya provisi: 7% saat pencairan dana.

11. Indodana

Alternatif pinjaman uang yang bisa dicicil bulanan selanjutnya adalah Indodana. Platform Fintech Lending dari PT Artha Dana Teknologi ini menawarakan pinjaman dana tunai dengan platform maksimal 12.000.000 rupiah dan cicilan sampai 9 bulan.

Fintech yang satu ini telah resmi mendapatkan surat tanda berizin OJK dan terus mengembangkan layanananya.

Terbukti Indodana tidak sebatas menyediakan pinjaman tunai saja namun juga melayani cicilan tanpa kartu kredit, kredit HP, hingga Paylater.

Pesatnya pertumbuhan Indodana bukan tanpa alasan melainkan karena pengguna aktif yang terus berkembang.

Saat ini Indodana telah memiliki lebih dari 350 ribu nasabah aktif dengan Tingkat Keberhasilan Bayar (TKB90) mencapai 97.68%.

Lebih lanjut, Indodana bukan sebatas platform pinjol namun juga bisa kamu gunakan sebagai sarana investasi dengan mendaftarkan diri sebagai pendana.

Dengan menempatkan sejumlah dana kamu bisa mendapatkan keuntungan dari pengguna layanan pinjaman.

Syarat pengajuan pinjaman atau cicilan Indodana antara lain WNI usia 17 – 55 tahun, memiliki pekerjaan tetap dengan gaji 3.500.000 rupiah per bulan. Serta memiliki akun bank atas nama sesuai KTP sebagai tempat pencairan dana.

Layanan Indodana:

  • Platform: Indodana.
  • Penyelenggara: PT Artha Dana Teknologi.
  • Status: Fintech legal berizin OJK.
  • Jenis pinjaman: Sekali bayar, Cicilan, Kredit HP, dan Paylater.
  • Limit pinjaman: Rp 12 juta.
  • Bunga: 6% – 10% per bulan.
  • Tenor cicilan: 9 bulan.
  • Estimasi pencairan: 1-2 hari kerja.

12. Kredit Pintar

Butuh dana hitungan menit? Lewat Kredit Pintar kamu bisa dapatkan pinjaman uang yang bisa dicicil dengan limit hingga 20.000.000 rupiah dalam waktu 5 menit saja.

Cocok buat kamu yang kepepet butuh suntikan dana segar dengan segera.

Kredit Pintar merupakan Fintech Lending yang telah mendapatkan izin usaha penuh dari OJK sehingga aman dan terpercaya.

Tidak perlu khawatir akan keamanan data dan sistem penagihan yang tidak sesuai etika. Asal tidak gagal bayar maupun ngemplang saja, pinjaman uang lewat Kredit Pintar sangat aman apalagi bisa ambil tenor bulanan.

Bagi pengguna baru memang kebanyakan hanya mendapatkan limit mulai 600.000 rupiah – 1.800.000 rupiah.

Tapi bagi pemilik riwayat kredit yang bagus bisa saja limit pinjaman meningkat hingga 5.000.000 rupiah, 10 juta rupiah, bahkan sampai 20 juta rupiah.

Pinjaman online Kredit Pintar bisa kamu jadikan sebagai sumber dana dadakan terbaik karena ada pilihan cicilan bulanan juga.

Dengan adanya skema pembayaran bulanan kamu bisa lebih leluasa mengatur keuangan pribadi sehingga dapur tetap bisa ngepul meskipun punya kewajiban bayar.

Syarat buat daftar Kredit Pintar antara lain WNI usia 18-50 tahun, memiliki e-KTP dan rekening bank atas nama sesuai KTP.

Aplikasi pinjaman uang yang bisa dicicil ini cukup mudah dan cepat apalagi bagi pengguna lama dengan riwayat kredit yang bagus.

Info Umum Kredit Pintar:

  • Platform: Kredit Pintar.
  • Penyelenggara: PT Kredit Pintar Indonesia.
  • Status: Fintech legal berizin OJK.
  • Jenis pinjaman: Pinjaman sekali bayar dan Cicilan bulanan.
  • Limit pinjaman: Rp 600 ribu – Rp 20 juta.
  • Tenor cicilan: 91 – 365 hari.
  • Estimasi pencairan: 24 jam.

13. Finmas

Selain pinjaman harian dengan tenor 30 hari Finmas juga menawarkan pinjaman cicilan dengan angsuran hingga 3 bulan.

Pinjol yang satu ini termasuk fintech legal yang telah mendapat restu dari OJK dengan nomor izin KEP -85/D.05/2019.

Finmas memiliki dua pembiayaan yakni Cash Advance yakni pinjaman tunai dan Cicilan Xtra untuk pembelian barang.

Bagi kamu yang butuh dana tunai Cash Advance adalah produk yang tepat dengan limit kredit 500 ribu rupiah hingga 5 juta rupiah.

Kendati demikian ada perbedaan jangka waktu berdasar pada jumlah pinjaman. Pinjaman online 500.000 rupiah – 2.500.000 rupiah panjang tenor nya 30 hari.

Jika berkenan mengambil pinjaman uang yang bisa dicicil 3 bulan kamu bisa pilih limit 3 juta rupiah sampai 5 juta rupiah.

Syarat pengajuan pinjaman Finmas sangat mudah yakni hanya butuh KTP dan slip gaji saja. Khusus bagi kamu yang tidak memiliki bukti penghasilan bisa coba pinjaman online tanpa slip gaji ini dengan mengganti dokumen tersebut dengan kartu pegawai.

Info Finmas:

  • Platform: Finmas.
  • Penyelenggara: PT Oriente Mas Sejahtera
  • Status: Fintech Lending berizin OJK.
  • Jenis pinjaman: Cash Advance dan Cicilan Xtra.
  • Limit: Rp 500 ribu – Rp 5 juta.
  • Tenor: 30 hari dan cicilan 3 bulan.
  • Bunga: mulai 0,27% per hari.

14. Dana Bagus

Dana Bagus merupakan pinjaman uang yang bisa dicicil dengan fokus pada pembiayaan kuliah. Dari sini bisa kita ketahui jika Dana Bagus hanya memberikan pinjaman online untuk mahasiswa yang masih aktif mengikuti kegiatan perkuliahan.

Ada tiga jenis pembiayaan Dana Bagus yakni pinjaman reguler, pinjaman siaga, dan pinjaman khusus UKT.

Kamu bisa dapatkan pinjaman mulai 100.000 rupiah – 2.000.000 rupiah melalui pinjaman siaga dan reguler. Sedangkan khusus UKT peminjam bisa mengajukan pinjaman hingga 15.000.000 rupiah.

Perbedaan antara siaga dan reguler terdapat pada proses persetujuan yakni proses 2×24 jam untuk pinjaman siaga dan 30 hari untuk pinjaman reguler.

Syarat mengajukan pinjaman ini antara lain terdaftar sebagai mahasiswa aktif, memiliki KTP dan Kartu Tanda Mahasiswa, serta foto diri pada saat proses pengajuan.

Layanan pinjaman tunai dengan cicilan bisa kamu pilih selama 71 hari dan 91 hari dengan ketentuan lima kali bayar dan 3 kali bayar.

Info Umum Dana Bagus:

  • Platform: Dana Bagus.
  • Penyelenggara: PT Dana Bagus Indonesia.
  • Status: Fintech legal berizin OJK.
  • Jenis pinjaman: Pinjaman online untuk mahasiswa.
  • Limit pinjaman: Rp 100 ribu – Rp 2 juta.
  • Tenor cicilan: 71 – 91 hari/ 5 – 3 kali cicilan.
  • Limit UKT: Rp 5 juta – Rp 15 juta cicilan 71 – 81 hari.
  • Estimasi pencairan: 2 x 24 jam.

15. Danakini

DanaKini merupakan pinjaman uang yang bisa dicicil dan berizin OJK. Fintech Lending yang satu ini berada di bawah naungan PT Dana Kini Indonesia.

Sebagai P2P Lending terpercaya DanaKini memiliki empat produk layanan keuangan khususnya dalam hal pembiayaan.

Guna memudahkan pengguna, DanaKini sekarang memberlakukan limit kredit yang dapat kamu gunakan untuk keperluan pinjaman uang tunai maupun cicilan barang.

Melansir laman resmi danakini.co.id, ada empat produk pembiayaan yang tersedia yakni Kini Cintaku, Kini Flexi, Kini Tunai, dan Kini Bayar.

Pinjaman uang yang bisa dicicil bulanan dapat kamu temukan melalui layanan Kini Flexi dan Kini Tunai.

Kini Flexi merupakan pinjaman uang tunai dengan pembayaran cicilan hingga 24 bulan khusus bagi karyawan terdaftar.

Limit pinjaman online Kini Flexi cukup besar mulai 3.000.000 rupiah – 100.000.000 rupiah dengan tenor paling panjang 24 bulan. Namun khusus karyawan kontrak maksimal tenor pinjaman sampai 12 bulan.

Sedangkan Kini Tunai merupakan pinjaman bagi pengguna yang telah memiliki limit kredit DanaKini dengan jumlah pinjaman mulai 1.000.000 rupiah – 8.000.000 rupiah.

Pengembalian kredit online yang satu ini bisa kamu angsur selama 3 dan 6 bulan.

Syarat untuk mengajukan pinjaman Dana Kini yakni WNI dengan usia di atas 21 tahun – 63 tahun, memiliki KTP, dan berpenghasilan minimal Rp 3 juta per bulan.

Info Umum Dana Kini:

  • Platform: Dana Kini.
  • Penyelenggara: PT Dana Kini Indonesia.
  • Status: Fintech legal berizin OJK.
  • Jenis pinjaman: Pinjaman tunai, cicilan tanpa kartu, dan paylater.
  • Limit pinjaman: Rp 1 juta – Rp 100 juta.
  • Tenor cicilan: 3 – 24 bulan.
  • Estimasi pencairan: 2 x 24 jam.

Jenis Pinjaman Online yang Banyak Diminati Masyarakat Indonesia

Ada banyak sekali jenis kredit yang ditawarkan secara online. Berikut beberapa jenis pinjaman online yang jadi favorit masyarakat Indonesia.

A. Pinjaman Multiguna

Kredit multiguna adalah fasilitas pinjaman online yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan konsumtif baik bembelian barang maupun jasa.

Pinjaman ini paling banyak peminatnya karena penggunaannya yang fleksibel.

Terlebih mayoritas penyedia pinjaman online saat ini menawarkan pinjaman multiguna tanpa syarat jaminan.

Dalam layanan ini peminjam dapat memanfaatkan dana untuk menutup beragam kebutuhan pribadi seperti biaya wisata, biaya kesehatan, biaya pendidikan, dll.

B. Paylater & Cicilan Tanpa Kartu

Paylater adalah layanan beli sekarang bayar nanti atau penundaan pembayaran atas pembelian barang atau jasa.

Seiring tumbuhnya pengguna e-commerce di Indonesia semakin meningkat pula transaksi maupun penyedia layanan paylater.

Layanan beli sekarang bayar nanti saat ini memang sedang digandrungi kaum milenial. Bagaimana tidak, dengan memanfaatkan fasilitas pinjaman online yang satu ini pengguna bisa membeli barang dengan sistem pembayaran cicilan maupun tempo.

Penyedia layanan paylater di Indonesia pun saat ini semakin beragam mulai dari Fintech P2P Lending, Bank, hingga lembaga pembiayaan.

C. Pinjaman Pendidikan

Meskipun termasuk jenis pembiayaan multiguna, ada juga beberapa penyelenggara pinjaman online yang fokus pada pembiayaan pendidikan.

Sebagaimana sebutannya, pinjaman ini khusus untuk pemenuhan kebutuhan pendidikan.

Tidak jarang penyelenggara pinjam meminjam online menargetkan pangsa pasar para pelajar dengan menawarkan pinjaman untuk mahasiswa mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Beberapa antaranya juga ada yang menawarkan pinjaman khusus untuk pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT).

Contoh perusahaan fintech lending yang fokus pada pembiayaan pendidikan adalah Dana Bagus.

D. Pinjaman Modal Usaha

Pinjaman produktif atau pinjaman modal usaha/ kerja adalah salah satu jenis pembiayaan yang cukup populer.

Layanan ini biasanya khusus untuk pemenuhan kebutuhan produktif dengan target pasar pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Minimnya akses perbankan membuat layanan pinjaman modal usaha online jadi alternatif pelaku UKMK meningkatkan usaha mereka.

Kendati pemerintah terus mendorong pembiayaan bagi pelaku UMKM dengan meningkatkan penyaluran Kredit Usaha Rakyat.

Faktanya masih banyak pelaku usaha yang belum dapat mengakses kredit tersebut. Inilah kenapa pinjaman online untuk keperluan produktif juga banyak diminati pelaku UKMK.

Itulah 15 pinjaman uang yang bisa dicicil bulanan yang bisa kamu jadikan referensi saat butuh dana dengan tenor panjang. Tetap waspada terhadap penyedia pinjaman ilegal dan hindari penawaran pinjaman online lewat WA.

Tinggalkan komentar